7 Jenis Kista Ovarium Yang Perlu Anda Ketahui

7 Jenis Kista Ovarium Yang Perlu Anda Ketahui – sebenarnya ada banyak jenis penyakit kista yang perlu Anda ketahui. Kista tidak hanya bisa tumbuh di daerah sekitar ovarium dan kandungan saja. Kista juga bisa tumbuh di paru-paru, ginjal bahkan otak. Namun, untuk lebih menspesifikkan pembahasan, maka berikut ini kami berikan penjelasan mengenai 7 jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui:

 

Kista Folikuler

Kista folikuler merupakan jenis kista sederhana yang terbentuk jika proses ovulasi tidak terjadi atau ketika folikel matang pecah dengan sendirinya. Kista folikuler biasanya terbentuk pada masa ovulasi dan bisa tumbuh hingga mencapai diameter 5-6 cm. Kista jenis ini bisa sembuh secara alami tanpa operasi.

 

Kista jenis ini sering terjadi akibat pecahnya kista folikuler bisa menimbulkan rasa sakit tajam yang cukup parah pada bagian ovarium yang ditumbuhi kista. Nyeri tajam ini, yang disebut juga mittelschmerz, muncul di tengah-tengah siklus mentruasi, pada saat ovulasi. Seperempat dari jumlah perempuan yang memiliki kista folikuler pernah merasakan nyeri.

 

Kista Corpus Luteum

Jenis kista ovarium fungsional ini terjadi setelah sel telur dilepaskan dari folikel. Setelah pelepasan telur, folikel berubah menjadi corpus luteum. Jika kehamilan tidak terjadi, maka corpus luteum akan rusak dan hilang. Tapi bisa jadi corpus luteum tersebut diisi oleh cairan atau darah dan tetap tinggal di ovarium. Pada kista corpus luteum biasanya tidak ada gejala yang muncul dan hanya terjadi pada salah satu sisi ovarium saja.

 

Kista Hemoragik (Hemorrhagic Cyst)

Kista hemoragik merupakan jenis kista ovarium fungsional yang terjadi jika ada perdarahan yang muncul pada kista. Gejala yang mungkin muncul adalah adanya sakit pada perut di salah satu sisi tubuh mirip rasa nyeri pada masa menstruasi.

 

Kista Dermoid

Kista dermoid merupakan jenis tumor jinak yang kadang-kadang disebut sebagai teratoma kistik matang (mature cystic teratoma). Kista dermoid merupakan kista abnormal yang biasanya menyerang perempuan muda dan bisa tumbuh hingga mencapai diameter 15 cm.

 

Kista dermatoid bisa berisi jaringan tubuh lain seperti lemak, kadang-kadang tulang, rambut, dan tulang rawan. Hasil pemeriksaan USG dari jenis kista ini bisa bervariasi karena tergantung dari spektrum isinya. Tapi, pemeriksaan CT scan dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) bisa menunjukkan adanya lemak dan kalsifikasi yang padat (dense calcifications). Meski seperti itu, jenis kista ini sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa pengobatan.

 

Kista endometrioid

Kista Endometrioid merupakan bagian dari kondisi yang dikenal dengan nama endometriosis. Kista endometrioid terbentuk ketika jaringan endometrium muncul di ovarium. Kista endometrioid memengaruhi perempuan selama masa reproduksi dan bisa menyebabkan nyeri kronis pada panggul yang berhubungan dengan menstruasi. Perempuan yang mengalami endometriosis mungkin akan memiliki masalah dengan kesuburan.

 

Polycystic-appearing Ovary

Polycystic-appearing ovary didiagnosis berdasarkan besarnya ukuran. Kista ini bisa berukuran dua kali lipat dari ukuran normal, ditandai dengan hadirnya kista kecil di bagian luar ovarium. Kondisi ini bisa ditemukan pada perempuan sehat dan pada perempuan yang memiliki gangguan hormon endokrin.

 

Polycystic ovarian syndrome sangat umum terjadi dan diperkirakan dialami oleh 4-7 % dari jumlah perempuan dalam usia aktif reproduksi. Polycystic ovarian syndrome juga berhubungan dengan peningkatan risiko kanker endometrium. Pemeriksaan selain USG diperlukan juga untuk mendiagnosis adanya polycystic ovarian syndrome.

 

Cystadenoma

Cystadenoma merupakan salah satu jenis tumor jinak atau kista yang berkembang dari jaringan ovarium. Cystadenoma ini bisa berisi sejenis cairan lendir atau mukus. Cystadenoma bisa tumbuh menjadi sangat besar, ukuran dan diameternya bisa mencapai 60 cm.

 

Demikianlah artikel tentang 7 jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga serta masyarakat luas. 

Hubungi Kami

marketing herbal impotensi 1

Marketing 1 - Alfi

081232227444 / 085641034444

infopusat5@gmail.com

 

 

Marketing 2 - Alam

085329990002 / 085726726002

kotakpesan1@gmail.com

 

PIN 762A3824

 

 

081232227444

 

 

Jam kerja kami adalah Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB. Kami libur pada hari minggu dan hari libur nasional.